Setelah pemakaian sepedamotor sekian
lama, maka selain mengganti yang kelihatan seperti ban, kampas rem, dll,
kemudian ada suara mesin yang berbeda, mulai berisik, walaupun sudah
setel klep (valve clearance), mungkin sudah waktunya untuk mengganti setang seher (connecting rod) yaitu batang yang menghubungkan kruk as (crank shaft) dengan seher (piston).
Bunyi berisik mesin berasal dari bagian besar pin setang seher (big end connecting rod),
karena umur pemakaian maka laher (bearing) mengalami keausan, clearance
membesar hingga akhirnya timbul suara kasar, kadang-kadang sampai ada
yang mengatakan “Lho, suara mesin sepedamotornya koq seperti mesin
jahit?”
Penggantian setang seher (connecting rod),
termasuk servis besar karena untuk mencapai komponen ini perlu
melakukan pembelahan mesin, jadi pilihlah bengkel yang benar-benar
meyakinkan untuk melakukan pembedahan ini, mesin sepedamotor akan dibuka
sampai semua isi dalam mesin dapat terlihat, termasuk juga bisa melihat
susunan gigi transmisi.
Selain merupakan servis besar, pemasangan setang seher (
connecting rod)
yang baru juga memerlukan keahlian dan alat khusus; mesin press 10~15
ton, berikut ini adalah cara melakukan penggantian setang seher (
connecting rod), yang sekaligus melakukan balans pada kruk as (
crank shaft) di bengkel
CAHAYA Motor Jatinegara (silahkan klik untuk alamat lengkapnya).
Bawa kruk as komplit (crank shaft assy) yang ingin diganti setang seher komplit (connecting rod assy) yaitu sudah berikut bearing dan pen kruk as (crank pin) yang baru.

Disini juga menggunakan special tool untuk melepas gigi sprocket (
timing sprocket)
yang memutar rantai timing (catatan: bukan rantai keteng, karena keteng
artinya rantai juga, jadi kalau disebut rantai keteng artinya
rantai-rantai :P).
Ini dia keluar dari special tool, jadi nggak usah digetok-getok pakai pahat dan palu :P

Kemudian bearing (
main bearing) Kruk as (
crank shaft) dilepas, kiri dan kanan, lepas
crank pin.

Akhirnya, ini dia nih yang mau diganti lepas juga, atas yang lama, bawah yang baru.

Sewaktu
akan dipasang ternyata bagian Crank shaft yang bersinggungan dengan
crank pin bearing sudah beralur, jadi dihaluskan dahulu, kalau tidak
rapih, dipakai sebentar akan keluar lagi bunyi “mesin jahit” nya.

Setelah dibersihkan, kemudian proses pemasangan setang seher (
connecting rod, conrod) yang baru dimulai dengan pemasangan crank pin.

Setang seher (
connecting rod, conrod) sudah masuk ditengah-tengah kemudian kruk as sebelah lagi dipasang.

Sebelum
dipress sampai posisi jadi, dilakukan pemeriksaan dan penyetelan agar
nantinya kruk as menjadi lurus dan seimbang tidak menimbulkan getaran
yang kuat (getaran tidak normal) jika mesin berputar pada putaran mesin
tinggi.

Nah ini proses paling penting dan sulit, yaitu pemeriksaan kelurusan kruk as (
crank shaft), dengan alat
dial gauge untuk mencapai hasil kruk as (
crank shaft) yang lurusdengan toleransi yang sangat kecil, sesuai spesifikasi mesin sepedamotor.
Demikianlah proses penggantian setang seher (connecting rod, conrod), terimakasih untuk Oom Yusai (Oom Broer) dari CAHAYA Motor Jatinegara, yang bersedia saya ganggu untuk pembuatan tulisan ini.
Tambahan foto, ini adapter untuk timing
sprocket, beda-beda ukuran sesuai jenis sepedamotornya (kalau mesin 2
langkah tidak perlu pakai).
Salam,
bengkelsepedamotor
Related
In "Honda WIN 1985"
In "Informasi Umum"
In "Informasi Umum"
masbro minta saran dunk
tigerku baru berusia 3 thn tapi karet yang ada di rumah kopling tuh udah kendor jadi nggak enak buat main kopling, tak ganti usianya cuman 1,5 bulan dah kumat lagi, kalau beli di ahm harus sama rumah kopling sekalian gak boleh karet doang, harganya 850.000, lumayan mahal. Ada saran mas bro dimana bisa dapat karet yan bagus, di toko2 ada merek ahm tapi pasti palsu dan dah saya coba dan hasilnya emang jelek.
mohon petuah suhu benkel??!!
mesti dicek nih, thanks bro infonya :)
kalo cuma sampe blok silinder aja sih brani, dulu pernah bongkar kopling suzie, eeh gak bisa pasang lagi…
kalo motornya dibawa ke cahaya motor bisa gk mas,???
thx
Trims…
mohon petuahny mas,,,,trims
waduh ditempat saya g ad yg jual tu mas,,paling cuma ad pertamax..
atau ad kemungkinan dr kerusakan part di bgian blok head yg musti di ganti?
makasih byk mas buat balasnnya..
terima kasih sebelumnya mas……….
motor thunder saya saat di starter engkol terasa gembos, apakah itu karena stang sehernya rusak.
Mohon penjelasannya ke email saya.
terima kasih.
mohon penjlsnya.
matur nuwun
klu prapasan noken as shogun110 sih brp y???biar lebih pnjang nafasnya,pa bensin jd lebih boros?
trma ksh mas bro
motor revo saya bunyi tek tek tek pada saat gigi netral…….
apanya yang bermasalah kira2 mas
kasih solusi nya ya
supra 125 Q baru dpt staon dah bunyi stangnya
dah Q ganti baru mesin dinyalain 15mnit bunyi tek3x lagi
ap stang piston dah kena lagi?
waktu itu stang ganti baru namun laher kruk as tetep pke yang lama
Ane pya motor vega zr new….ada masalah di setang dpan ane gak tau pa yg rusak nya .
Tpi klo di bawa jalan setang kyk kurg lurus trz kalo belok suka berat gelawan arah.
Wktu ntu ci, pernah nabrak & jatoh.
Dh di coba benerrin ke bengkel tapi ttp ja kyk gitu.
Prtyaan ane….
Dimana ada bengkel yg bisa servis setang ane biyar bisa normal lg.
Mohon bantuan infonya …..boz thexs
Apa kerusakan dari kruk as ini bisa menyebabkan mesin tidak bisa dihidupkan?
trims mas…
infonya sangat bermanfaat. mau nanya ni mas, spda mtor saya, honda supra fit 2005, uda saya bawa ke bbrpa bengkel, dengan indikasi: bunyi mesin jahit (parah),stater otomatis uda gak jadi, berasap ketika dipanasin dll. Katanya seher dan stang sehernya rusak, dan klo mo diperbaiki biayanya sktr 1jtan (Ahass) klo bengkel laen 800. Apa harganya emang sekian yah mas? mohon infonya. Terima kasih sangadddd mas:)
tlong saranya y…
kira2 aja gitu gann..
saya mw nanyak nee, ,
kalau terdengar suara kasar di bagian mesin tengah vega zr
tu suara apaan mas , , ??
yang diganti stang sehernya aja atau sama seher kit?
soalnya kata bengkel klo ring seher/ga ngebul ya gausah ganti seher
Penyebabnya apa tolong bantu..
Ada yg ngmong itu krn laher kruk asnya
oya, saya pernah coba turunin spuyer jadi 35/70 (aslinya 35/75), getaran jadi agak berkurang., tapi ya tenaga agak berkurang juga. getarannya krna apa ya mas? maturswun sblmnya
eli juga mas bro?thnx..salam hangat..081377432807
sy mau tanya nich komstir sy udah ganti tp knp di kndarai tidak enak ya.apa pgaruh sockbeker di turuni y.thank
ada efek nya gak ma yang lainya, maksud nya alat alat yang trhubung sama as kruk it ,nanti bermasalah jg gak, kalo mau ganti kira kira abis bajed brapa ya, tlong balesan nya ya mas bro, trimakasih,
kalau di Ciracas ada tidak bro
ahirnya di bemgkel ganti stang seher, laher stang sama piston set nya. cuma setelah 3 hari suara tek tek tek nya ada lg. kenapa ya mas?
mohon pencerahannya thank…..
mas mau nanya.
supra x 125 th 2006 qu 3 minggu yg lalu kedenger bunyi tek tek tek di bagian tengah mesin. kalo di gas bunyinya makin kenceng… trus di rpm menurun ada bunyi duk duk duk.
setelah ganti stang piston, bering stang piston dan piston kit oz 75. suaranya ilang tp setelah 3 hari di pakai. suara tek tek tek nya ada lg. kalo bunyi duk duk nya udah ilang mas ketika rpm rendah setelah di gas.
kenapa ya?
mohon bantuan pencerahan mas.
thank…..
makasih ulasan soal conrodnya.
Kompres nya kuat api besar tapi gak hidup juga
apa sebab nya bang